Cara Memilih Packaging Plastik

Cara memilih packaging plastik yang aman bagi tubuh kita, dikenal dengan food grade untuk digunakan sebagai kemasan makanan panas maupun dingin yang aman, untuk mengemas produk yang akan dipasarkan, meningkatkan nilai tambah bagi produsen atau UKM (Usaha Kecil Menengah Indonesia)

IndoKemasan.com situs pemasaran produk pabrik packaging di Indonesia hanya menyediakan plastik kemasan yang aman dikenal dengan kualitas foodgrade. Artikel ini ditulis agar konsumen IndoKemasan dapat mengidentifikasi jenis plastik berdasarkan kode yang biasanya tertera di bagian bawah atau pada sisi produk. Akan tetapi tidak semua produk mencantumkan kode tersebut. Kode yang disajikan memberikan informasi untuk mempermudah proses daur ulang (reprocessing), akan tetapi kode ini tidak ada kaitannya dengan aspek keamanan kemasan. Secara umum plastik yang relatif aman terbuat dari Polyethylene Terepthalate (PET-PETE), High Density Polyethylene (HDPE), Low Density Polyethylene (LDPE) dan Polypropilen (PP).

Tips cara memilih dan menggunakan kemasan plastik:

1. Hindari menggunakan kemasan makanan Polyvinyl Chloride (PVC) untuk makanan yang berminyak atau berlemak maupun mengandung alkohol terlebih dalam keadaan panas.

2. Hindari menggunakan kemasan pangan melamin sebagai wadah makanan yang berair atau mengandung asam, terlebih lebih dalam keadaan panas.

3. Hindari menggunakan kemasan pangan styrofoam yang rusak atau berubah bentuk untuk mewadahi makanan berminyak atau berlemak terutama jika makanan tersebut dalam keadaan panas.

4. Pilih kemasan yang mencantumkan logo tara pangan, logo gelas dan garpu

5. Hindari menggunakan kantong plastik kresek berwarna hitam untuk mewadahi langsung makanan siap santap.

Disclaimer
Produk plastik kemasan yang dipasarkan oleh IndoKemasan tidak dirancang agar dapat dimasukkan ke dalam microwave

 

Comments are closed.

Scroll to Top